8 Tips Online Marketing untuk Pemula

Bagi para pemilik bisnis melakukan cara marketing online merupakan suatu keharusan yang perlu Anda lakukan  untuk meningkatkan penjualan produk.

Di era yang serba digital seperti sekarang ada banyak sekali cara marketing online yang bisa dilakukan untuk memenangkan persaingan usaha.

Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan kepada Anda semua, khususnya para pelaku bisnis online tentang cara marketing online yang bisa dilakukan.

Apa saja?

Berikut ini penjelasannya lebih lanjut.

1. Memiliki Hasrat Belajar yang Tinggi

Sekarang ini teknologi membuat siapapun dapat secara instan menggunakan bisnis online marketing. Namun diperlukan juga proses pembelajaran dan pelatihan agar hasilnya matang dan bisa sesuai dengan harapan.

Pada dasarnya ilmu yang kamu pelajari tidaklah sulit serta ilmu tersebut juga akan terus berkembang seiring waktu. Tanpa adanya hasrat belajar yang tinggi untuk bisnis online, kamu akan mudah dikalahkan dengan kompetitor.

Proses belajar bisa kamu mulai dengan dari hal yang paling sederhana. Pelajarilah bagaimana sebuah brand yang sudah terkenal membuat berbagai postingan dan beraktivitas di kolom komentar. Pelajari juga bagaimana mereka bisa mendapatkan like, komentar, followers dalam waktu singkat dan sebagainya.

Kamu juga perlu belajar istilah-istilah yang biasanya dipakai dalam online marketing. Misalnya SEO, SEM, PPC, PPI, dan masih banyak lagi. Dengan pemahaman dasar ini akan menyukseskan tips online marketing untuk pemula.

2. Bangun Image Pribadi yang Positif, Menarik, dan Profesional

Sebagai seorang penjual tentu Anda menginginkan produk yang sedang Anda tawarkan banyak yang membeli. Hal ini bisa tercapai jika Anda memasarkan produk ke tempat dimana banyak orang berkumpul.

Ada banyak sekali media sosial yang bisa Anda gunakan sebagai sarana pemasaran seperti Facebook, Instagram, dan Twitter.

Jika Anda ingin memasarkan produk melalui Facebook, maka beberapa hal yang perlu Anda lakukan adalah membuat halaman untuk bisnis yang Anda tawarkan

Jangan lupa untuk mengunakan foto yang menarik, buat deskripsi usaha dengan baik, dan tambahkan link menuju halaman website usaha.

3. Buatlah Website atau Toko Online

Website akan membantu kamu memasarkan produk lebih cepat dan lebih luas. Namun untuk membuat sebuah website membutuhkan keahlian pemrogaman. Kamu tidak perlu khawatir karena sekarang sudah ada Ayopromo yang akan membantu kamu.

Ayopromo akan membantu kamu dalam promosi yang efektif untuk bisnis kamu. Bidang keahliannya yaitu optimalisasi di mesin pencari, desain web, hingga pembuatan aplikasi mobile. Kelebihan menggunakan jasa ini yaitu dapat melakukan komunikasi yang tepat disaat yang tepat, sudah tersertifikasi oleh google, full service digital marketing, serta pembuktian hasil.

4. Bergabunglah di Marketplace yang Tersedia

Marketplace yang kami maksudkan disini adalah tempat berjualan online yang bisa Anda manfaatkan dan telah disediakan oleh pihak ketiga.

Bergabung menjadi anggota di marketplace sangat penting untuk dilakukan oleh Anda yang baru pertama kali berjualan secara online.

Hal ini dikarenakan disetiap marketplace akan selalu ada orang yang siap untuk melakukan pembelian atas produk yang Anda tawarkan.

Beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan saat menggunakan marketplace adalah Anda tidak perlu repot dan dipusingkan dengan mendatangkan produk dan Anda tidak perlu mengembangkan website yang sangat membutuhkan waktu.

Keuntungan di atas bisa Anda manfaatkan untuk memperkenalkan bisnis Anda kepada banyak orang melalui marketplace.

Ada beberapa marketplace besar di Indonesia yang bisa Anda manfaatkan untuk berjualan yaitu Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan lain sebagainya.

5. Jangan Ragu Menggunakan Iklan yang Efektif Seperti Facebook Ads dan Google Adwords

Hal yang perlu Anda pahami adalah Facebook dan Google merupakan platform iklan digital yang terbesar sampai saat ini.

Bukan Cuma volume pengunjungnya saja yang besar tetapi juga kualitas pengunjung dan ketepatan sasaran iklan juga sangat tinggi.

Jika Anda memiliki anggaran yang cukup, maka tidak ada salahnya untuk menggunakan cara marketing online ini untuk berpromosi.

Jika dibandingkan dengan cara pemasaran yang lain, maka menggunakan iklan merupakan langkah efektif yang bisa dilakukan untuk meningkatkan pengunjung dalam waktu yang singkat.

Namun, dikarenakan cara ini membutuhkan biaya, maka Anda perlu melakukan eksperimen agar bisa

Saat Anda akan memilih untuk beriklan di Facebook Ads atau Google Adwords, maka ada beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan.

Pertimbangan yang pertama adalah jika kata kunci yang Anda targetkan banyak dicari di Google, maka Anda bisa menggunakan AdWords dalam mengiklankan produk.

Selain itu Adwords memiliki keunggulan dalam hal konversi penjualan, namun Anda perlu mengeluarkan biaya per klik yang mahal.

Facebook memiliki keunggulan berupa demografi yang lebih akurat dan meningkatkan konversi non-penjualan.

Lakukan 2 cara di atas dan lakukan eksperimen untuk menemukan cara terbaik yang paling efektif dilakukan.

6. Mulai Bangun Jaringan Secara Perlahan

Jaringan merupakan kunci. Semakin luas jaringan yang kamu miliki tentu akan berpengaruh besar bagi peluang kamu untuk memasarkan produk. Misal membuat jaringan yang tepat dengan bergabung pada grup-grup aktif yang membicarakan tentang bidang kamu yang akan digeluti.

Jika kamu memiliki banyak waktu, mulailah menelusuri akun-akun yang selalu update tentang bisnis yang kamu jalankan. Kamu bisa meminta request pertemanan dan mulai berkenalan seperti halnya di dunia nyata.

7. Blogger Bisa Anda Jadikan Rekan untuk Memasarkan Produk

Selain Instagram, Blogger merupakan salah satu sarana yang efektif dan bisa Anda terapkan untuk memasarkan produk yang dimiliki.

Ada banyak cara marketing online yang bisa Anda lakukan dengan mendapatkan blogger yang bisa diajak kerjasama mulai dari grup blogger di Facebook, komunitas blogger, dan melalui mesin pencarian.

Hal yang perlu Anda perhatikan disini dalam memilih blogger adalah kualitas konten yang ada, desain website yang dimiliki, dan jumlah kunjungan yang ada.

8. Teruslah Berlatih Dan Mengasah Kemampuan

Jangan berbangga diri terlebih dahulu jika bisnis online kamu semakin berkembang pesat. Karena kompetitor akan terus menyaingi produk dan teknologi kamu. Jika sudah menguasai satu teknik maka asahlah kemampuan kamu pada teknik lainnya yang lebih sulit.

Sehingga kemampuan kamu akan bertambah baik dari waktu ke waktu. Terlebih sekarang trend dan teknologi digital terus berkembang. Jika kamu malas belajar dan berlatih, tidak menutup kemungkinan bisnis kamu bisa terhenti sewaktu-waktu.

Hasil dari bisnis setiap orang akan berbeda beda. Namun jika kamu konsisten peluang keberhasilan di dunia online marketing akan semakin mendekat ke kamu. Selamat belajar dan mencoba.

Leave a Reply

Alamat
Ruko Solvang Square South No.35 Paramount, Gading Serpong 15810

Work Hours
Monday to Friday: 8AM - 5PM
Weekend: 8AM - 3PM